A. Drop
Cap
Drop cap adalah karakter pertama
dalam paragraph yang ditampilkan lebih besar dan mencolok. Berikut langkah
untuk membuat drop cap
1. Pilih
karakter pertama dari paragraph yang akan dijadikan drop cap
2. Pada
Insert, klik Drop cap. Lalu Kotak pemilihan drop cap akan ditampilkan
3. Pada
kotak pemilihan tersebut, kita dapat memilih langsung bentuk drop cap yang
diinginkan, Tetapi bila ingin mengatur lebih lanjut klik Drop cap Options
4. Pada Position, klik bentuk drop cap yang diinginkan
·
None,
untuk membatalkan drop cap
·
Dropped,
untuk merata dengan margin kiri
·
In
Margin,untuk di dalam margin kiri
5. Pada
bagian Options dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut
·
Pada tombol daftar pilihan Font, pilih dan klik jenis karakter
yang diinginkan
·
Pada kotak isisan Lines to drop, tentukan jumlah baris yang diinginkan untuk
menempatkan drop cap tersebut
·
Pada kotak isian Distance from text, tentukan jarak drop cap dengan teks di sebelah
kananya
6. Lalu
klik OK
B. Columns
Berikut
langkah- langkah untuk membuat columns pada Microsoft word
1. Klik
Menu Page layout
2. Lalu
klik ikon Columns pada robbon page
setup
3. Kemudian
klik pilihan kolom
4. Lembar
kerja Microsoft word akan terbagi menjadi beberapa bagian yang sesuai dengan
yang diinginkan
5. Ketik
artikel pada Microsoft word, maka artikel akan otomatis dikelompokan ke dalam
kolom-kolom
C. Header
dan Footer
Header
dan footer adalah teks yang akan ikut tercetak di setiap halaman dalam dokumen
yang dibuat. Header akan ditempatkan di di bagian atas dokumen, sedangkan
footer akan ditempatkan di bagian bawah dokumen.
1. Header
· Pada
tab Insert, dalam group header & footer, lalu klik Header.
Kemudian kotak pemilihan header akan
ditampilkan
· Pada
kotak pemilihan header yang ditampilkan, lalu pilih dan klik bentuk header yang
diinginkan.
2. Footer
· Pada
Tab Insert, dalam group header & footer, lalu klik footer.
Kemudian kotak pemilihan footer ini
akan ditampilkan
· Pada
kotak pemilihan footer yang ditampilkan, lalu pilih dan klik bentuk footer yang diinginkan
D. Clip
Art dan Watermark
1. Clip
Art
Clip
art adalah gambar yang telah disediakan oleh Microsoft office. Untuk
menyisipkan Clip art pada Microsoft Word , langkah-langkahnya adalah
· Klik
Menu insert
· Klik
ClipArt di ribbon Illustrations
· Ketik
gambar yang akan dicari di dalam kotak search for, lalu ketik Go
· Setelah gambar yang sudah dicari ditampilkan, klik gambar untuk menyisipkan
Gambar
ClipArt
· Lalu klik menu drawing tools
· Setelah itu klik Text Wrapping
· Pilih
pengaturan gambar untuk teks
· Dan
terakhir atur letak gambarnya
2. Watermark
Watermark
merupakan teks atau gambar yang muncul dibagian latar dokumen
· Klik
menu Page layout
· Pada
page layout tab, klik watermark
· Kemudian
jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, klik pada teks
tersebut tetapi jika ingin membuat teks tersendiri, klik custom watermark untuk membuka kotak dialog printed watermark
· Klik
text watermark lalu lakukan hal
berikut : yang pertama klik pada kotak di samping text, ketik teks yang
diinginkan, kedua, atur format pada font (tipe), size (ukuran), dan color (
warna), yang ketiga atur layout watermark, dan yang terakhir klik OK bila sudah
selesai
E. Page
Border
Page
Border atau Bingkai digunakan untuk memepercantik dokumen, untuk menambah
bingkai atau untuk mempercantik dokumen ada beberapa cara, yaitu
· Klik
menu page layout
· Lalu
klik page border pada ribbon page
background
· Kemudian
klik Box
· Lalu
pilih model Bingkai yang diinginkan’
· Dan
yang terakhir klik OK
F. Smart
Art
Untuk
objek yang berbentuk diagram dapat menggunakan dengan SmartArt, dan berikut
langkah-langkahnya
· Letakkan
titik sisip di posisi yang diinginkan
· Lalu
pada Tab Insert, dalam group
IIIustrations, klik SmartArt kotak
dialog Choose a SmartArt Graphics akan ditampilkan
· Pada
area pemilihan kategori yang ada di sebelah kiri kotak dialog, pilih dan klik kategori diagram yang diinginkan
· Misalnya
yang diinginkan membuat dan menempatkan bagan diagram proses, kemudian klik OK. Dengan demikian area objek diagram
yang berbentuk bagan diagram proses akan ditempatkan
G. Footnote
dan Comment
1. Footnote
Footnote
atau catatan kaki merupakan informasi tambahan mengenai suatu dokumen.
Langkah-langkah untuk membuat footnote yaitu
· Tempatkan
titik sisip di tempat yang akan menyisipkan tanda footnote
· Pada
Tab References, dalam Group
footnotes, lalu klik salah satu tombol perintah yaitu Insert Footnote.
2. Comment
Comment
atau komentar merupakan tempat yang cocok untuk menyimpan pertanyaan dan
catatan untuk diri sendiri dan orang lain, komentar ini akan ditampilkan
apabila mengarahkan mouse ke bagian dokumen yang diberi komentar
· Pilih
teks atau bagian dokumen yang akan di beri komentar dan tempatkan titik sisip
pada teks tersebut
· Pada
Tab Review, dalam Group Comments,
klik New Comment, lalu kotak isian
komentar akan ditampilkan dikanan dokumen
· Kemudian
ketik komentar yang akan dilakukan pada kotak isian komentar yang tersedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar