Sabtu, 01 Juni 2019

Membuat dan Memodifikasi Table serta Menggunakan Rumus Sederhana di Ms Word 2010


1.      Untuk  membuat Tabel Baru
·         Letakkan titik sisip di posisi yang diinginkan
·         Pada Tab Insert, dalam Group Tables klik Table. Lalu kotak pemilihan cara penempatan tabel akan ditampilkan
·         Kemudian dapat langsung menentukan beberapa kolom dan beberapa baris yang diinginkan dengan cara menggeser mouse
·         Lalu table baru akan otomatis ditempatkan dan pada Ribbon akan ditampilkan Tab Design dan Tab Layout untuk mengatur table
2.      Untuk membuat Table baru dengan Insert Table
·         Letakkan titik sisip di posisi yang diinginkan
·         Pada Tab Insert, dalam group tables, klik insert Table. Kotak dialog Insert Table akan ditampilkan
·         Pada tombol daftar pilihan Number of Columns, tentukan jumlah kolom yang diinginkan
·         Jika jumlah baris dari tabel telah diketahui, pada tombol daftar pilihan Number of riws, tentukan jumlah baris yang diinginkan
·         Pada bagian autofit behavior, beri tanda atau mengklik salah satu tombol pilihan  lalu klik OK
3.      Menggambar Table
·         Letakkan titi sisip diposisi yang diinginkan
·         Pada Tab Insert, dalam group Tables, klik Table
·         Pada kotak pemilihan tersebut, klik Draw Table
·         Lalu gambar dahulu bagian luar dari tabel yang diinginkan, lanjutkan dengan menggambar garis batas kolom dan garis batas baris ditempat yang diinginkan
·         Pada Tab Design, dalam group Draw Borders, klik salah satu tombol perintah  (Draw Table, Line style, Line Weight, Pen Color, Eraser)

4.      Mengisi dan Menyunting Table
·         Letakkan titik sisip dalam sel yang akan dipilih
·         Pada Tab layout, dalam Group Table, klik Select kotak pemilihan tabel, baris, dan kolom sel akan ditampilkan
·         Pada kotak pilihan tersebut, pilih salah satu perintah (Select Table, Select Column, Select Row, Select Cell)
·         Kemudian atur format tampilannya
5.      Menghapus Sel, Kolom dan Baris
·         Letakkan titik sisip ke sel dari baris atau kolom yang di hapus
·         Kemudian klik Delete, lalu kotak pemilihan penghapusan akan ditampilkan
·         Pada kotak pilihan tersebut, pilih salah satu perintah yang diinginkan (Delete Cells, Delete Columns, Delete Rowsm Delete Table)
6.      Menyisipkan Baris atau kolom baru
·         Letakkan titik sisip diposisi baris atau kolom yang diinginkan
·         Kemudian klik salah satu tombol perintah (Insert Above, Insert Below, Insert left, Insert Right)
7.      Mengatur Perataan Teks pada Sel
·         Klik Tab Home dalam Group Paragrah kemudian Untuk mengatur perataan teks pada sel secara mendatar menggunakan tombol Align left (rapat kiri), Align Right (Kanan), Center (Ditengah sel), atau Justify (kiri kanan)
·         Cara lainnya dengan menekan tombol perintah Text Direction secara berulang-ulang hingga diperoleh hasil yang diinginkan
8.      Menggunakan Table style
·         Letakkan titip sisip didalam tabel yang akan di format
·         Pada tab Design, dalam Table Style options, klik pilihan pengaturan yang ingin disertakan syle
·         Lalu klik gaya tampilan atau syle yang diinginkan, secara otomatis bentuk gaya tampilan yang dipilih terlihat pada dokumen
9.      Melakukan Perhitungan dalam Table
·         Letakkan titik sisip pada sel yang aan dipakai untuk menyimpan hasil perhitungan
·         Pada Tab Layout, dalam Data lalu klik Formula
·         Ketik rumus yang diinginkan pada kotak isian Formula dengan diawali tanda sama dengan (=). Rumus yang diketik berupa
ü  Alamat Sel, seperti = C3*D3
ü  Angka Biasa, = 2*10000
ü  Fungsi, =SUM(LEFT) untuk menjumlahan data di kiri, =AVERAGE(C2:C6) untuk mencari rata-rata dari data yang berada pada sel C2 sampai dengan E6,
·           Untuk menentukan format angka yang diinginkan, pada tombol pilihan Number Format
·           Klik OK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar