Sabtu, 01 Juni 2019

Pengenalan Microsoft word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010


 Bagian dari Microsoft Word 2010
a.       Tombol Microsoft Office (Office Button)
Jika klik tombol office akan muncul menu berisi beberapa perintah dasar di lingkungan Microsoft Office 2010, perintah tersebut adalah New, open, save, save  As, print, Prepare, Send, Publish, Close, Word Optios, dan Exit Word.
b.      Quick Access Toolbar
Terletak pada posisi kiri atas yang mudah dijangkau dengan sekali klik, Quck Access Toolbar ini berfungsi menampilkan bebrapa ikon perintah yang sering digunakan
c.       Title Bar
Bagian teratas dari jendela word, Tittle bar ini berisi informasi nama dokumen disertai nama perangkat lunaknya
d.      Tombol kendali
Tombol kendali ini terdiri atas tiga buah tombol dan digunakan untuk mengatur tampilan jendela program. Fungsi dari setiap tombol yaitu
ü  Minimize : digunakan untuk menyembunyikan jendela dari program
ü  Restore : memaksimalkan ukuran tampilan jendela program/mengembalikan tampilan jendela pada ukuran semula
ü  Close : untuk menutup jendela program
e.       Ribbon
Tempat berkumpulnya berbagai Microsoft word. Ribbon memiliki tujuh buah tab utama, yaitu Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review, dan View
f.       Tombol Microsoft Office Word Help
Pada posisi paling kanan dari baris nama Tab Ribbon terdapat tombol Help
g.      Mistar (Ruler)
Mistar berfungsi untuk menunjukan ukuran halaman dokumen. Mistar ini terdiri dari atas mistar horizontal dan mistar Vertikal, Horizontal menunjukan ukuran lebar halaman, sedangkan mistar vertikal menunjukan ukuran tinggi halaman, fungsi lainnya untuk mengatur Margin kiri/kanan, tabulasi, dan paragraph
h.      Penampilan Mistar (view ruler)
Tepat dibawah kotak pembagi, terdapat tombol view Ruler, Tombol ini berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan mistar
i.        Area kerja
Area kerja berbentuk sebuah bidang mirip kertas berwarna putih, semua kegiatan mengetik, menyunting, mengolah kata dilakukan pada bagian area kerja
j.        Kursor titik sisip (Insert on Point)
Fungsi kursor sisip berupa garis kecil vertical yang selalu berkedip, fungsinya untuk memasukan data teks pada area kerja.
k.      Scroll Bar
Scroll Bar ini terdiri atas batang penggulung vertical dan horizontal, berfungsi sebagai menggeser area kerja ke atas dan ke bawah.
l.        Status Bar
Status Bar berfungsi untuk menampilkan informasi seputar dokumen yang sedang dikerjakan
m.    View Shorcut Toolbar
Pada bagian kanan batang status, terdapat kumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur jenis tampilan
n.      Zoom
Bagian Zoom berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan area kerja. Bagian Zoom terdiri atas dua jenis, yaitu tombol zoom
            Tampilan Menu dan ikon pada office Button
Yang berfungsi menggantikan menu file dan terletak di pojok kiri atas, didalamnya terdapat perintah-perintah seperti, Open, Save, print.
            Tampilan Menu dan Ikon pada Ribbon Menu:
a.       Home
Ribbon pada menu home :
1)      Clipboard : Pilihan untuk pengelolahan dokumen standar seperti Copy
2)      Font : Pilihan untuk mengatur huruf seperti, Font, Font size, Font color dan lainnya
3)      Paragraph : Pilihan untu mengatur paragraph seperti, Align text Left dll
4)      Styles : Pilihan untuk mengatur format dan style pada teks
5)      Editing : Untuk mengubah dokumen seperti, Find, replace, select
b.      Insert
Ribbon pada menu Insert :
1)      Pages : Pilihan untuk menaambah lembar kerja seperti Cover Pages
2)      Table : Untuk menambah tabel
3)      Illustrations : untuk menambah gambar dan grafik
4)      Link : Hyperlink untuk menginsert Hyperlink
5)      Header & Footer : untuk menambah header dan footer
6)      Text : pengaturan untuk penambahan teks
7)      Symbol : Pengaturan untuk menambah symbol dan lambing matematika
c.       Page layout
Ribbon pada menu Layout :
1)      Themes : pengaturan tema dokumen
2)      Page setup : pengaturan seting halaman
3)      Page Background : pengaturan background atau tampilan latar dokumen
4)      Paragraf : Pengaturan jarak antarparagraf
5)      Arrange : pengaturan gambar dan teks seperti
d.      References
Ribbon pada menu References :
1)      Table of Contents : pilihan untuk menyisipkan daftar isi pada dokumen
2)      Footnotes : Pilihan untuk menyisipkan catatan kaki
3)      Citation & Bibliografhy : Menyisipkan surat penghargaan dan bibliografi
4)      Caption : menambah tulisan pada gambar
5)      Index : menyisipkan indeks
6)      Table of Authorities : menambah teks terpilih pada Table of Authorities
e.       Mailling
Ribbon pada menu Mailling :
1)      Create : membuat dan mencetak amplop dan label
2)      Star Mail Merge : memulai pembuatan surat masal
3)      Write & Insert Fields : Menulis dan menyisipkan fields
4)      Preview Results : Melihat data sesungguhnya pada dokumen
f.       Review
Ribbon pada menu Review :
1)      Proofing : memeriksa ejaan dan tata bahasa dalam dokumen, mengubah teks ke bahasa lain
2)      Comments : menambah, mencari, dan menghapus komentar
3)      Tracking : melihat semua perubahan pada dokumen, menampilkan perbaikannya
4)      Changes : menerima atau menolak perubahan
5)      Compsre : membandingkan dan menggabungkan beberapa versi dokumen
6)      Protect : melindungi dokumen
g.      View
Ribbon pada menu view :
1)      Documents views
2)      Show/hide
3)      Zoom
4)      Window
5)      macros

Tidak ada komentar:

Posting Komentar